ASILAH
LAILATUL IJTIMA MWC NU WIRADESA
(Ranting Petukangan)
(Ranting Petukangan)
1.Bagaimana hukum mengikuti lomba burung merpati? Dam bagaimana pula mengikuti lomba kicau burung?
2. Bacaan radhiyallaahu
‘anhu apakah untuk shahabat saja
atau lainnya?
3.
Adakah kesunnahan membaca ‘alaihissalaam untuk ayat
shuhufi Ibraahiima wa Muusaa
(akhir surat al Ghasyiyah)?
4. Bagaimana cara berwudhunya shohibul jaba`ir?
5. Anak kecil kencing dilantai, tidak diketahui tempatnya
tapi masih ada baunya. Bagaimana cara mensucikannya?
6. Bagaimana hukum menyimpan uang di
saku dalam sholat?
Jawaban soal nomor 1
Memeliharanya
untuk mendengarkan kicauannya diperbolehkan, mengkonteskannya bila tanpa uang
taruhan (‘iwadh) hukumnya makruh dan bila dengan uang taruhan maka haram.
(فرع) اتخاذ الحمام للبيض أو الفرخ أو
الانس أو حمل الكتب أي على أجنحتها مباح ويكره اللعب به بالتطيير والمسابقة ولا
ترد به الشهادة روض مع شرح
“Memelihara
merpati untuk diambil telurnya atau anaknya atau untuk kesenangan saja atau
sebagai kurir pembawa surat hukumnya mubah, dan dimakruhkan bermain-main
dengannya dengan menebarbang-nerbangkannya atau dengan diadu, dan tidak
tertolak karenanya persaksian”.
Asnaa
al-Mathaalib IV/344
فلا
يجوز المسابقة علي غيرها كبقر وطير وكلاب ونحوها بعوض فتحرم مع العوض وتجوز بغير
عوض
“Maka
tidak diperkenankan mengadu hewan pada selainnya seperti sapi, burung, anjing
dan sejenisnya, bila dengan uang aduan maka haram, bila tanpa uang aduan maka
boleh”.
Al-Baajuuri
II/307
Jawaban soal nomor 2
Membaca RADHIYALLAAHU ‘ANHU untuk selain
shahabat
يستحب لكاتب الحديث إذا مر بذكر الله
عز وجل أن يكتب (عز وجل) أو: (تعالى) أو: (سبحانه وتعالى) أو: (تبارك وتعالى)
أو: (جل ذكره) أو: (تبارك اسمه) أو:
(جلت
عظمته) أو ما أشبه ذلك، وكذلك يكتب عند ذكر النبي صلى الله عليه وسلم (صلى الله عليه وسلم) بكمالهما لا
رامزا إليهما ولا مقتصرا على أحدهما، وكذلك يقول في الصحابي (رضي الله عنه)، فإن
كان صحابيا بن صحابي قال: (رضي الله عنهما)، وكذلك يترضى ويترحم على سائر العلماء
والأخيار، ويكتب كل هذا وإن لم يكن مكتوبا في الأصل الذي ينقل منه، فإن هذا ليس
رواية؛ وإنما هو دعاء، وينبغي للقارئ أن يقرأ كل ما ذكرناه، وإن لم يكن مذكورا في
الأصل الذي يقرأ منه، ولا يسأم من تكرر ذلك، ومن أغفل هذا حرم خيرا عظيما، وفوت
فضلا جسيما
Syarah Muslim 1/39
Tidak ada komentar:
Posting Komentar