Rabu, 18 Desember 2013

ASILAH LAILATUL IJTIMA MWC NU WIRADESA



ASILAH LAILATUL  IJTIMA MWC NU WIRADESA
(Ranting Petukangan)

1.Bagaimana hukum mengikuti lomba burung merpati? Dam bagaimana pula mengikuti lomba kicau burung?

2. Bacaan radhiyallaahu ‘anhu  apakah untuk shahabat saja atau lainnya?

3. Adakah kesunnahan membaca ‘alaihissalaam untuk ayat shuhufi Ibraahiima wa Muusaa (akhir surat al Ghasyiyah)?

4. Bagaimana cara berwudhunya  shohibul jaba`ir?

5. Anak kecil  kencing dilantai, tidak diketahui tempatnya tapi masih ada baunya. Bagaimana cara mensucikannya?

6. Bagaimana hukum menyimpan uang di saku dalam sholat?





 Jawaban soal nomor 1
Memeliharanya untuk mendengarkan kicauannya diperbolehkan, mengkonteskannya bila tanpa uang taruhan (‘iwadh) hukumnya makruh dan bila dengan uang taruhan maka haram.

(فرع) اتخاذ الحمام للبيض أو الفرخ أو الانس أو حمل الكتب أي على أجنحتها مباح ويكره اللعب به بالتطيير والمسابقة ولا ترد به الشهادة روض مع شرح

“Memelihara merpati untuk diambil telurnya atau anaknya atau untuk kesenangan saja atau sebagai kurir pembawa surat hukumnya mubah, dan dimakruhkan bermain-main dengannya dengan menebarbang-nerbangkannya atau dengan diadu, dan tidak tertolak karenanya persaksian”.
Asnaa al-Mathaalib IV/344

فلا يجوز المسابقة علي غيرها كبقر وطير وكلاب ونحوها بعوض فتحرم مع العوض وتجوز بغير عوض

“Maka tidak diperkenankan mengadu hewan pada selainnya seperti sapi, burung, anjing dan sejenisnya, bila dengan uang aduan maka haram, bila tanpa uang aduan maka boleh”.
Al-Baajuuri II/307



Jawaban soal nomor 2
Membaca RADHIYALLAAHU ‘ANHU untuk selain shahabat
.(فصل):
يستحب لكاتب الحديث إذا مر بذكر الله عز وجل أن يكتب (عز وجل) أو: (تعالى) أو: (سبحانه وتعالى) أو: (تبارك وتعالى) أو: (جل ذكره) أو: (تبارك اسمه) أو: (جلت عظمته) أو ما أشبه ذلك، وكذلك يكتب عند ذكر النبي صلى الله عليه وسلم (صلى الله عليه وسلم) بكمالهما لا رامزا إليهما ولا مقتصرا على أحدهما، وكذلك يقول في الصحابي (رضي الله عنه)، فإن كان صحابيا بن صحابي قال: (رضي الله عنهما)، وكذلك يترضى ويترحم على سائر العلماء والأخيار، ويكتب كل هذا وإن لم يكن مكتوبا في الأصل الذي ينقل منه، فإن هذا ليس رواية؛ وإنما هو دعاء، وينبغي للقارئ أن يقرأ كل ما ذكرناه، وإن لم يكن مذكورا في الأصل الذي يقرأ منه، ولا يسأم من تكرر ذلك، ومن أغفل هذا حرم خيرا عظيما، وفوت فضلا جسيما
Syarah Muslim 1/39

Tidak ada komentar:

Posting Komentar